Senin, 05 Desember 2016

indikator : Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.

indikator : 
Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.
 
Ciri-Ciri Manusia Berdasarkan Usia dan Tahap-Tahap Perkembangannya
Ciri-ciri balita
(Masa Balita)
Ciri-Ciri Manusia Berdasarkan Usia dan Tahap-Tahap Perkembangannya Sebagai berikut
A. Masa Balita (0—4 tahun)
Masa balita (bawah lima tahun) merupakan awal masa pertumbuhan di luar rahim. Terjadi pertumbuhan yang sangat cepat. Di dalam rahim, pertukaran gas terjadi melalui plasenta. Di luar rahim, paru-paru mulai berfungsi. Pertukaran gas melalui paru-paru.
Di dalam rahim, suhu tubuh konstan (tetap). Di luar rahim, bayi mendapat pengaru hdan suhu lingkungan yang berubah-ubah. Kekebalan tubuh belum berkembang. Karena itu, balita mudah terkena serangan penyakit. Imunisasi dapat membentuk kekebalan tubuh balita.
B. Masa Kanak-kanak (5-11tahun)
ciri-ciri kanak dan tahap-tahap perkembangan manusia
(Masa Kanak-Kanak)
Masa kanak-kanak adalah lanjutan dan masa balita. Pada masa ini telah diproduksi hormon seks namun masih rendah. Anak-anak mengalami pertumbuhan fisik dan mental yang cepat, oleh karena itu memerlukan gizi yang cukup dan lingkungan yang balk.
C. Masa Remaja (12—17 tahun)
Ciri-ciri manusia berdasarkan usianya
(Masa remaja SMA)
Terdapat perbedaan yang menyolok antara remaja pria dan remaja wanita. Hal ini disebabkan oleh perbedaan hormon. Hormon adalah senyawa kimia yang dihasilkan oleh kelenjar buntu. Hormon beredar di dalam darah guna mempengaruhi fisiologi dan perkembangan tubuh. Terdapat berbagai hormon di dalam tubuh, misalnya hormon pertumbuhan dan hormon seks.
Pada masa kanak-kanak, produksi hormon seks rendah. Ketika mencapai remaja, di dasar otak dilepaskan hormon yang mempengaruhi pembentukan hormone berikutnya.
1. Remaja pria
Adanya hormon dan dasar otak memicu sel-sel khusus di dalam testes untuk memproduksi hormon seks androgen. Hormon androgen inilah yang berpengaruh baik secara fisiologis, anatomis maupun psikologis (kejiwaan) remaja pria. Suara membesar, bulu-bulu tumbuh di wajah dan bagian tubuh lain, testis dan penis tumbuh, otot-otot membesar. Produksi sperma dimulai. Sperma yang berlebihan akan dibuang melalui mimpi basah.
2. Remaja wanita
Adanya hormon dan dasar otak memicu sel-sel di dinding telur (ovarium) memproduksi hormon seks estrogen. Hormon estradiol berpengaruh baik secara fisiologis, anatomis, maupun psikologis. Suaranya nyaring, buah dada dan pinggul membesar, vagina dan rahim tumbuh, muncul jaringan lemak bawah kulit, tumbuh rambut di pangkal paha dan mulai mengalami menstruasi. mi semua merupakan tandat anda persiapan bereproduksi.
Apakah menstruasi itu?
Akibat adanya hormon dan dasar otak (hormon gonadotropin), kadar estrogen yang dihasilkan ovarium meningkat dan sel-sel telur (ovum) masak. Ovum yang dikeluarkan oleh ovarium bergerak menuju saluran telur (oviduk).
Meningkatnya hormon estrogen menyebabkan dinding dalam rahim (lapisan endometrium) tumbuh. Dinding dalam rahim menebal dan dipenuhi pembuluh darah ini merupakan persiapan jika terjadi pembuahan (fertilisasi). Embrio yang terbentuk akan dilindungi dan dipasok makanannya oleh dinding dalam rahim. Jika tidak terjadi pembuahan, ovum akan mali. Kadar hormon estrogen menurun.

sumber :  http://informasiana.com/ciri-ciri-manusia-berdasarkan-usia-dan-tahap-tahap-perkembangannya/

7 komentar:

  1. assalamualaikum,,materi blog nya menarik dan mudah di pahami,,terimakasihh,,

    BalasHapus
  2. materi yang bagus dan menarik. tetapi saran saya akan lebih cocok jika judul postingannya ciri-ciri manusia dan tahap-tahap perkembangannya. terimakasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum ..materi di blognya cukup menarik dan mudah dipahami..

    BalasHapus
  4. assalamualaikum.
    materi anda sangat bagus dan menarik , semoga bermanfaat bagi kita semua.
    wassalamualaikum.
    kunjungi blog saya http://susinov.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  5. materi anda sangat bagus dan menarik. semoga bermanfaat.
    kunjungi blog saya http://fianafitra02.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  6. Wow, sangat menarik materi yang anda bagikan di postingan anda kali ini. Pesan saya satu, mampir juga ke blog saya http://arekjowo1996.blogspot.co.id/

    BalasHapus