Senin, 05 Desember 2016

indikator : Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.

 indikator : Memberikan contoh kerja sama dalam keragaman di lingkungan sekolah.

Kerja Sama di Sekolah

Pada saat bergaul dengan teman sekelas, kadang-kadang terjadi selisih pendapat. Hal itu karena cara berkomunikasi kurang benar. Bahasa dan komunikasi merupakan dua hal yang saling berkaitan. Dalam kehidupan, kita membutuhkan komunikasi untuk bekerja sama. Kita pun membutuhkan bahasa untuk berkomunikasi. Tanpa komunikasi, kita akan sulit mencapai kesepakatan. Komunikasi juga berperan penting untuk menyelesaikan masalah dalam setiap bentuk kerja sama antarmanusia.
  1. Tuliskan bentuk-bentuk kerja sama yang biasa terjadi di lingkungan sekolah!
  2. Tuliskan manfaat kerja sama yang biasa terjadi di lingkungan sekolah.
  3. Apa yang membedakan antara bentuk-bentuk kerja sama di lingkungan rumah dan sekolah?
Bentuk-bentuk kerja sama di Sekolah yang biasa dilakukan antara lain seperti berikut ini:
  • Membersihkan kelas. Melaksanakan tugas piket kebersihan kelas merupakan tanggung jawab siswa. Para siswa dibagi dalam beberapa kelompok piket kebersihan. Setiap kelompok tersebut harus melaksanakan piket kebersihan secara bergantian setiap harinya yang disesuaikan dengan jadwal yang ada. Dalam melaksanakan piket kebersihan, siswa dituntut untuk menyelesaikannya sebelum jam pelajaran dimulai. Oleh sebab itu, berkerja sama dalam membersihkan kelas akan cepat selesai sehingga ruangan menjadi bersih dan nyaman digunakan untuk kegiatan belajar dan mengajar.
  • Merawat Tanaman dan Halaman Sekolah. Disamping harus melaksanakan piket kebersihan secara berkerja sama, peserta didik disekolah juga memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya untuk menciptakan suasana lingkungan sekolah yang nyaman, bersih dan indah.
  • Membentuk kelompok belajar. Belajar kelompok banyak manfaatnya,antara lain : 1.menambah keakraban dengan teman; 2.bertukar pendapat dalam memecahkan soal atau masalah dalam pelajaran; 3.belajar bersikap terbuka menerima pendapat orang lain.
  • Membuat majalah dinding.Majalah dinding adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya. Prinsip majalah tercermin lewat penyajiannya, baik yang berwujud tulisan, gambar, atau kombinasi dari keduanya. Dengan prinsip dasar bentuk kolom-kolom, bermacam-macam hasil karya, seperti lukisan, vinyet, teka-teki silang, karikatur, cerita bergambar, dan sejenisnya disusun secara variatif. Manfaat majalah dinding adalah sebagai Media komunikasi, Wadah kreativitas, Menumbuhkan kebiasaan membaca, Pengisi waktu, Kecerdasan berpikir, Berorganisasi, dan Melatih kemampuan menulissumber :  
  •  
  • http://mastugino.blogspot.co.id/2014/09/kerja-sama-di-rumah-dan-sekolah.html

5 komentar:

  1. Asslamualaikum wr wb suci, Materinya bagus dan menarik akan tetapi saran saya akan lebih menarik lagi sertailah dengan gambar. Terimakasih.. kunjungi juga blog saya http://riskaniess09.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. assalamualaikum.. materi yang anda berikan sangat menarik , saran dari saya agar materi tersebut disertai dengan gambar kerja sama di lingkungan sekolah.. thank..
    kunjungi juga blog saya http://virasee.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Materinya sangat bagus. Saran dari saya alangkah baiknya jika di beri contoh dalam kehidupan sehari hari dan disertai dengan gambar. Agar pembaca lebih menerik untuk membacanya. Jgn lupa kunjungi blog saya https://nordiananatasyacom.blogspot.co.id/?m=1

    BalasHapus
  4. materinya bagus dan mudah dipahami. tetapi sebaiknya di berikan contoh dalam kehidupan sehari- hari
    kunjungi juga blog saya di ocemifta1.blogspot.co.id

    BalasHapus
  5. postingan anda sangat bagus membantu saya dalam menyelesaikan tugas.
    kunjungi blog saya http://mrslacan.blogspot.co.id/

    BalasHapus