Nilai-Nilai Karakter
Yang Terkandung Dalam Pembelajaran Penjas
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Pendidikan Jasmani dan Olahraga SD
Dosen Pengampu: Dupri, M.Pd
Disusun Oleh :
Suci Retma Novela 1586206037
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PAHLAWAN
TUANKU TAMBUSAI
2016 / 2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur saya ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang
telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua. Kemudian sholawat
besertakan salam kita ucapkan buat junjungan alam kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kebodohan kealam yang penuh dengan
ilmu pengetahuan seperti apa yang telah kita rasakan pada saat sekarang ini,
sehingga penulis dapat
menyelesaikan penyusunan makalah ini yang bertemakan “Nilai-Nilai Karakter
Yang Terkandung Dalam Pembelajaran Penjas”. Penulisan makalah ini merupakan salah satu
tugas yang diberikan dalam Mata Kuliah Pendidikan Jasmani dan Olahraga SD di Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.
Dalam
penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan baik pada teknis penulisan maupun
materi. Mengingat akan kemampuan yang penulis miliki. Untuk itu dengan hati terbuka penulis menerima kritik dan saran dari semua pihak
demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Dalam
penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada
pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah ini, khususnya kepada Dosen yang telah memberikan tugas dan petunjuk
kapada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini.
Bangkinang, Maret 2017
Penulis
i
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................... i
DAFTAR ISI ........................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang ................................................................................ 1
B.
Rumusan Masalah ........................................................................... 2
C.
Tujuan Penulisan ............................................................................. 2
D. Manfaat
Penulisan ........................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Nilai-nilai karakter yang terkandung dalam penjas ......................... 3
B.
Contoh nyata yang terjadi pada penjas dalam
mengembangkan nilai-nilai .............................................................. 5
BAB III PENUTUP
A.
Kesimpulan ..................................................................................... 7
B.
Saran ............................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA
ii
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Olah raga memiliki potensi untuk
membangun karakter bangsa dengan amat baik namun disisi lain juga menimbulkan
dampak yang tidak diinginkan sehingga meresahkan masyarakat. Nilai kompetitif
dalam olahraga sering membuat orang melakukan perilaku yang kurang terpuji.
Oleh
karena itu, Indonesia pada saat ini membutuhkan olahragawan yang memiliki
mental dan kepribadian yang tangguh, penuh percaya diri, berani bertindak,
dalam mengambil prakarsa, sehat, berkemampuan jasmani yang optimal, memiliki
pikiran dan tindakan untuk setiap saat berjuang dalam mewujudkan prestasi
olahraga yang tinggi. Siedentop (1994: 128) menjelaskan bahwa olahraga adalah
panggung tempat proses pembelajaran gerak yang merupakan salah satu dimensi
perilaku yang sangat penting, karena berkaitan dengan aktivitas manusia setiap
hari, bersifat alamiah, nyata dan juga logis serta merangkum tidak hanya
peristiwa jasmaniah semata, namun juga proses moral, mental dan sosial.
Begitu
pentingnya nilai-nilai olahraga maka banyak pihak menaruh harapan kepada
pendidikan jasmani, meskipun dengan pendidikan jasmani memang tidak serta merta
sejumlah persoalan di atas akan terselesaikan, akan tetapi melalui pendidikan
jasmani banyak hal yang bisa diajarkan. Misalnya, terkait dengan nilai antusis,
sportivitas, tanggungjawab, peduli, jujur, fair play, disiplin,
kerjasama yang kesemuanya merupakan prasarat dasar mewujudkan masyarakat madani
(civil society).Melalui pendidikan jasmani nilai-nilai olahraga tersebut
dapat diinternalisasikan secara nyata dalam praktek sehari-hari.
1
2
B.
Rumusan Masalah
1.
Menjelaskan apa-apa saja nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam penjas!
2.
Menjelaskan bagaimana
contoh nyata yang terjadi pada penjas dalam mengembangkan nilai-nilai!
C.
Tujuan
Penulisan
1.
Untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terkandung
dalam penjas!
2.
Untuk mengetahui contoh nyata yang terjadi pada penjas
dalam mengembangkan nilai-nilai!
D.
Manfaat
Penulisan
1.
Untuk menambah wawasan mengenai nilai-nilai karakter yang
terkandung dalam penjas.
2.
Untuk menambah wawasan mengenai contoh nyata yang terjadi
pada penjas dalam mengembangkan nilai-nilai.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Nilai-Nilai
Karakter Yang Terkandung Dalam Penjas
Nilai-nilai
olahraga sangatlah penting untuk dihormati dan diterapkan seperti diungkapkan
oleh Coubertain(dalam buku The Olympic Games XIX: 2002): “the important thing in life is not
victory, but the fight; the main thing is not to have won, but to have fought
well.” Ungkapan yang disampaikan dalam pidato pembukaan Olympic
Games XIX tahun 2002 ini mengandung makna bahwa kemenangan itu bukanlah
merupakan tujuan utama dalam kehidupan, namun yang terpenting adalah berjuang
untuk mencapai kemenangan dengan baik. Perjuangan mencapai kemenangan dengan
cara yang baik harus menerapkan nilai-nilai olahraga yang amat luhur.
Berdasarkan
kajian nilai-nilai agama, norma-norma sosial, peraturan/hukum, etika akademik, dan prinsip-prinsip
HAM, telah teridentifikasi butir-butir nilai yang dikelompokkan menjadi lima nilai
utama, yaitu nilai-nilai perilaku manusia dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha
Esa, diri sendiri, sesama manusia, dan lingkungan serta kebangsaan. Berikut adalah
daftar nilai-nilai utama yang dimaksud :
1. Nilai karakter dalam hubungannya
dengan Tuhana, yaitu Religius
2. Nilai karakter dalam hubungannya dengan diri
sendiria, yaitu Jujur, Bertanggung jawab, Disiplin. Kerja keras, Berpikir logis, kritis, kreatif,
dan inovatif,
Ingin tahuh,
Cinta ilmu (Gemar Membaca), Bersahabat, dan Komunikatif.
3. Nilai karakter dalam hubungannya
dengan sesame, yaitu Patuh
pada aturan-aturan sosial (Cinta Damai), Menghargai karya dan prestasi orang
lain, Demokratis.
3
4
4. Nilai karakter dalam hubungannya
dengan lingkungana, yaitu Peduli sosial, Peduli Lingkungan.
5. Nilai karakter yang terkandung dalam kebangsaana, yaitu Nasionalis (Semangat Kebangsaan), Cinta Tanah Air, dan Menghargai keberagaman (Toleransi)
Selanjutnya
Maksum juga menjelaskan nilai-nilai olahraga sebagai berikut:
1.
Respek adalah suatu sikap yang menaruh perhatian kepada orang lain
dan memperlakukannya secara hormat. Sikap respek antara lain dicirikan
dengan memperlakukan orang lain sebagai mana individu ingin diperlakukan;
berbicara dengan sopan kepada siapa pun; menghormati aturan yang ada dalam
keluarga, sekolah, dan masyarakat.
2.
Tanggung jawab adalah kemampuan untuk memberikan respons, tanggapan, atau
reaksi secara cakap. Tanggung jawab dicirikan antara lain dengan melakukan apa
yang telah disepakati dengan sungguh-sungguh; mengakui kesalahan yang dilakukan
tanpa alasan; memberikan yang terbaik atas apa yang dilakukan.
3. Peduli adalah kesediaan untuk memberikan
perhatian dan kasih sayang kepada sesama. Peduli antara lain ditandai dengan
memperlakukan orang lain, diri, dan sesuatu dengan kasih sayang; memperhatikan
dan mendengarkan orang lain secara seksama; menangani sesuatu dengan hati-hati.
4.
Jujur adalah suatu sikap terbuka, dapat dipercaya, dan apa
adanya. Sikap jujur antara lain ditandai dengan mengatakan apa adanya; menepati
janji; mengakui kesalahan; menolak berbohong, menipu, dan mencuri.
5. Fair adalah bersikap adil dalam
melakukan dan memperlakukan sesuatu. Sikap fair antara lain ditandai dengan
menegakkan hak
5
6. sesama termasuk dirinya; mau
menerima kesalahan dan menanggung resikonya; menolak berprasangka.
7. Beradab adalah sikap dasar yang diperlukan
dalam bermasyarakat yang berintikan pada kesopanan, keteraturan, dan kebaikan.
Beradab antara lain dicirikan dengan menempatkan sesuatu pada tempatnya;
mengapresiasi terhadap keteraturan.
Dari penjelasan di atas nyata bahwa
nilai-nilai olahraga bersifat universal sehingga harus dimiliki oleh semua
pelaku olahraga baik atlet, ofisial, maupun semua stake holders yang terlibat
dalam kegiatan olahraga. Begitu pentingnya nilai-nilai ini di mata dunia namun
dalam kenyataan masih banyak pelaku olahraga yang belum memilikinya. Oleh
karena itu guru pendidikan jasmani di sekolah hendaknya mengambil peran yang
nyata dalam melakukan internalisasi nilai-nilai olah raga melalui proses
pembelajaran.
B.
Contoh Nyata
Yang Terjadi Pada Penjas Dalam Mengembangkan Nilai-nilai.
Di sini contoh yang saya ambil yaitu pada olah raga pencak silat. Dimana dalam
olahraga pencak silat juga dikembangkan pembinaan hidup sehat, kebugaran jasmani,
pembentukan sikap dan kepribadian, kemampuan berinisiatif dan kemampuan
mengambil keputusan. Pencak silat sebagai seni bela diri berguna untuk
melindungi diri atau mempertahankan diri dari bahaya yang mengancam jiwanya.
Nilai-nilai yang terkandung dalam olahraga pencak silat antara lain adalah
sebagai berikut:
1.
Kesehatan dan kebugaran;
2.
Membangkitkan rasa percaya diri;
3.
Melatih ketahanan mental;
6
4.
Mengembangkan kewaspadaan diri yang tinggi;
5.
Membina sportifitas dan jiwa ksatria;
6.
Disiplin dan keuletan yang lebih tinggi.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendidikan
adalah segenap upaya yang mempengaruhi pembinaan dan pembentukkankepribadian,
termasuk perubahan perilaku, karena itu pendidikan jasmani dan olahraga
selalumelibatkan dimensi sosial, disamping kriteria yang bersifat fisikal yang
menekankan ketrampilan, ketangkasan dan unjuk “kebolehan’.
Pendidikan
jasmani dan olahraga sebagai salah satu sarana pendidikananak memberikan suatu
pengayaan dalam etika dan moral di masyarakat. Dalam olahraga mengandung
nilai-nilai kejujuran dan sportivitas.Berdasarkankonsep-konsep yang dikemukakan
di atas, paling tidak tujuan pendidikan karakter khususnya pada
pembelajaran penjaskes harus berupaya untuk meningkatkan anak-anak menjadi
pribadiyang disiplin, jujur, amanah, memiliki inisiatif, tanggung jawab, suka
menolong, menghargaidan tumbuh kasih sayang, menghormati sesama dan orang yang
lebih dewasa, pandai berterima kasih dapat diintegrasikan dan
diinternasilisasi ke dalam seluruh kegiatan sekolah.
B.
Saran
Semoga dengan tersusunnya makalah ini
akan dapat memberikan gambaran dan menambah wawasan kita mengenai nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran
penjas. Dari pembahasan materi ini penulis mengalami beberapa
kendala dalam penyusunan makalah ini. Maka dari itu pasti ada beberapa
kesalahan atau kekurangan dari penulis.
Oleh karena itu penulis
menerima kritik dan saran yang membangun dari pembaca untuk penyempurnaan makalah
ini.
7
DAFTAR PUSTAKA
Maksum,
A. 2005. Olahraga Membentuk Karakter: Fakta atau Mitos. Jurnal Ordik, Edisi
April Vol. 3, No. 1/2005.
Aip
Syarifuddin dan Muhadi. (1992). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta:
Depdikbud.
Sukintaka.
(2004). Teori Pendidikan Jasmani: FHosofi, Pembelajaran dan Masa Depan.
Bandung: Penerit Nuansa.
terimakasih artikel ini sangat bagus
BalasHapussalam sehat selalu,
https://marketing.ruangguru.com/bimbel